Sunday, September 07, 2008

SOUBETSUKAI

Beginilah cara orang jepang mengadakan perpisahan terhadap tamu , biasanya soubetsukai atau perpisahan diadakan bagi tamu yang mau pulang atau bagi orang yang mau pensiun. Seperti halnya kangekai atau penyambutan, soubetsukai saya diadakan di sebuah restauran jepang. hampir semua orang kantor datang, tidak lupa mereka berpesta dengan minum sake atau sochu. hal yang sebenarnya saya hindari apalagi pada bulan puasa tetapi karena saya tamu kehormatan(sok penting banget yaaa....) dan budaya orang jepang menghormati orang itu dengan cara menuangkan dia minuman terpaksalah sedikit bir tidak kuasa ditolak.

setelah dari restauran sesuai kebiasaan kita diajak ke karaoke bersama yang acaranya tidak jauh dengan minum2 dan bernyanyi. Dengan kondisi hampir semua orang udah yoparau alias mabok jadilah malam itu malam jahanam(serem amat istilahnya) orang orang udah tidak memperdulikan mana atasan atau boss karena semua arang dijahili yang penting bagi mereka malam ini indah(minjem istilahnya iwa k)bergembira dan lupakan semua pekerjaan.




nb:sebenarnya kalo boleh milih mending ga ada soubetsukai tapi duitnya ditebas mentah karena biaya yang dikeluarkan semalam sama dengan uang saku saya dijepang selama tiga bulan

semoga setaon ini memberikan banyak manfaat.......amieeeen

No comments: